Judul : PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN
link : PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN
PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN
PEMETAAN SK SD DAN ASPEK
HUBUNGAN KEMANUSIAAN
SATUAN PENDIDIKAN
MATA PELAJARAN
KELAS / SEMESTER
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indicator Pencapaian Kompetensi | Aspek | | |
Pengusaaan konsep dan nilai-nilai | Penerapan | Ket | |||
1. Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social diatas kapal | 1.1 mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia 1.2 menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal 1.3 Menerapkan 1.4 Menrapkan kepemimpinan diatas kapal | v hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab sosial diatas kapal diterapkan dengan benar v manajemen perkapalan diidentivikasi dengan benar v organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal v tugas pokok dan fungsi setiap persosial dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan v system kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya v aspek social di identifikasi dengan benar v keharmonisan dan motifasi dipelihara dengan baik v kedisiplinan ditegakan sesuai norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional v Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewajiban arahnya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal v Kepemimpinan diatas kapal di identivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan | | | |
Mengetahu Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan Raha LA HALISI, S.Pd., M.Pd | Guru Mata Pelajar WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely |
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
MATA PELAJARAN HUBUNGAN KEMANUSIAAN
SEKOLAH : SMK KELAUTAN DAN PERIKANAN RAHA
KELAS :
SEMESTER :
KKM :
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | ||||||
| HASIL KKM | NILAI KKM % | |||||
Standar Kompetensi 1. Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social diatas kapal | | | | | | | |
1.1 Mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia | | | | | | | |
Hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal diterapkan dengan benar | | | | | | | |
1.2 Menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal | | | | | | | |
Manajemen perkapalan di identivikasi dengna benar | | | | | | | |
Organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal | | | | | | | |
Tugas pokok dan fungsi setiap personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan | | | | | | | |
Sistem kerja dikapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya. | | | | | | | |
1.3 Menerapkan hubungan sosial dalam lingkungan | | | | | | | |
Aspek social diidentivikasi dengan benar | | | | | | | |
Keharmonisan dan motivasi dipeliraha dengan baik | | | | | | | |
Kedisiplinan ditegakan sesuai dengan norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional | | | | | | | |
Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenangannya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal. | | | | | | | |
1.4 menerapkan kepemimpinan diatas kapal | | | | | | | |
Kepemimpinan di atas kapal di identivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing masing kapal perikanan. | | | | | | | |
JUMLAH 2 KD | | | | | | | |
Mengetahu Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan Raha LA HALISI, S.Pd., M.Pd | Guru Mata Pelajar WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely |
PROGRAM SEMESTER
TAHUN AJARAN 2012 / 2013
SEKOLAH : SMK KELAUTAN DAN PERIKANAN RAHA
KELAS / SEMESTER : X / 1 (SATU)
MATA PELAJARAN : PENCEGAHASAN POLUSI
KODE KOMPETENSI :
STANDAR KOMPETENSI : MENERAPKAN HUBUNGAN KEMANUSIAAN DAN TANGGUNGJAWAB
SOSIAL DIATAS KAPAL
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | ALOKASI WAKTU | JULI | AGUSTUS | SEPTEMBER | OKTOBER | NOVEMBER | DESEMBER | ||||||||||||||||||||||
1.1meidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia | Hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social diatas kepal diterapkan dengan benar | - Perkembangan perilaku kelompok - Masalah masalah social - Terjadinya konflik - Kedudukan awak kapal | 2 JP | 1 | 2 | 3 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
1.2menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal | - Manajemen perkapalan di identivikasi dengan cermat - Organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal - Tugas pokok dan fungsi setiap per social dijabarkan dengan benar sesuai ketentuan perusahaan - System kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya | - Manajemen perkapalan - Tujuan, fungsi, dan hambatan - Organisasi manajemen perkapalan - System kerja di kapal | 2 JP | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
1.3 menerapkan hubungan sisial dama lingkungan kerja | - Aspek social di identivikasi dengan benar - Keharmonisan dan motivasi dipelihara dengan baik - Kedisiplinan ditegakan sesuai norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional - Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenagannya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
1.4menerapkan kepemimpinan diatas kapal | - Kepemimpinan diatas kapal diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan | - Kepemimpinan - Gaya kepemimpinan | 2 JP | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Mengetahu Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan Raha LA HALISI, S.Pd., M.Pd | Guru Mata Pelajar WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely |
PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
HUBUNGAN KEMANUSIAAN
SATUAN PENDIDIKAN :
MATA PELAJARAN : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
KELAS / SEMESTER : X / 1 (SATU)
TAHUN AJARAN : 2012-2013
NO | STANDAR KOMPETENSI | ALOKASI WAKTU | KET | ||
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | | | |||
| Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab sosial diatas kapal | 1.1Mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia | - Perkembangan perilaku kelompok - Masalah-masalah social - Terjadinya konflik - Kedudukan awak kapal | | |
| | 1.2 menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan sisial di kapal | - Manajemen perkapalan diidentivikasi dengan cermat - Organisasi diatas kapal di buat sesuai kebutuhan kebutuhan ditas kapal - Tugas pokok dan fungsi setiap personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan - System kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya | | |
| | 1.3 menerapkan hubungan Sosial dalam lingkungan kerja | - Aspek social di identivikasi dengan benar - Keharmonisan dan motivasi dipeliharan dengan baik - Kedisiplinan diterapkan sesuai norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional - Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenagannya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal | | |
| | 1.4menerapkan kepemimpinan diatas kapal | - Kepemimpinan diatas kapal diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan | | |
Mengetahu Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan Raha LA HALISI, S.Pd., M.Pd | Guru Mata Pelajar WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN RAHA
MATA PELAJARAN : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
KELAS / SEMESTER : X / 1 (SATU)
A. STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal
B. KOMPETENSI DASAR
Mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia
C. MATERI PEMBELAJARAN
1. Perkembangan perilaku kelompok
2. Masalah-masalah social
3. Terjadinya konflik
4. Kedudukan awak kapal
D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
NO | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | NILAI BUDAYA DAN KARAKTER | KEWIRAUSAHAAN / EKONOMI KREATIF |
1 | Mengidentivikasi hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social diatas kapal | Bersahabat / komunikatif Tanggung jawab | Kepemimpinan |
2 | Mengidentivikasi perkembangan perilaku kelompok | | |
3 | Mengidentivikasi masalah-masalah social | | |
4 | Mengidentivikasi terjadinya konflik | | |
5 | Mengidentivikasi kedudukan awak kapal | | |
v Mengidentivikasi perkembangan perilaku kelompok
v Mengidentifikasi masalah-masalah social
v Mengidentivikasi kedudukan awak kapal
E. METODE PEMBELAJARAN
v Penugasan
v Ceramah
v Tanggung jawab
F. STRATEGI PEMBELAJARAN
TATAP MUKA | TERSTRUKTUR | MANDIRI |
v Mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia v Hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal diterapkan dengan benar v Masalah-masalah social | | Siswa |
G. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO | KEGIATAN BELAJAR | Nilai Budaya dan Karakteristik bangsa |
1 | Kegiatan Awal | |
| Melakukan doa bersama untuk memulai pelajaran hari ini | Bersahabat / Komunikatif |
| Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini | |
2 | Kegiatan inti : | |
| v Eksplorasi : | |
| Mengetahui tentang hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal dengan benar | |
| v Konfirmasi | |
| Dalam kegiatan konfirmasi siswa | |
| - Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui - Menjelaskan hal-hal yang belum diketahui | |
3 | Kegiatan akhir : | |
| Refleksi | |
| - Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini | |
| - Melakukan doa bersama untuk mengakhiri pembelajaran | |
H. ALOKASI WAKTU
8 X 46 Menit
I. SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
v Modul BST
v Struktur Organisasi
v Perjanjian kerja laut
J. PENILAIAN
Jenis tagihan
v Tugas individu
v Ulangan
Bentuk instrument
v Uraian bebas
v Pilihan ganda
v Jawaban singkat
Mengetahu Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan Raha LA HALISI, S.Pd., M.Pd | Raha,……………………………2012 Guru Mata Pelajar WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN RAHA
MATA PELAJARAN : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
KELAS / SEMESTER : X / 1 (SATU)
A. STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan hubungan antara manusia dalam kehidupan sisial di kapal
B. KOMPETENSI DASAR
Menerapkan hubungan antara manusia dalam kehidupan social di kapal
C. MATERI PEMBELAJARAN
1. Manajemen Perkapalan
2. Tujuan Fungsi dan Hambatan
3. Organisasi Manajemen perkapalan
4. System kerja di kapal
D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
NO | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | NILAI BUDAYA DAN KARAKTER | KEWIRAUSAHAAN / EKONOMI KREATIF |
1 | Manajemen perkapalan di identivikasi dengan cermat | Bersahabat / komunikatif Tanggung jawab | Kepemimpinan |
2 | Organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal | | |
3 | Tugas pokok dan fungsi sesuai personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan | | |
4 | Ssitem kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya | | |
E. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat
v Memahami hubungan antar manusia dalam kehidupan sisial dikapal sesuai hak dan tanggungjawabnya
v Memahami manajemen perkapalan
v Memahami tujuan, fungsi dan hambatan
v Memahami organisasi manajemen perkapalan
v Memahami system kerja di kapal
F. MATERI PEMBELAJARAN
- Penugasan
- Ceramah
- Tanya jawab
G. STRATEGI PEMBELAJARAN
TATAP MUKA | TERSTRUKTUR | MANDIRI |
1. Manajemen perkapalan di identivikasi dengan cermat | | |
2. Organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal | | |
3. Tugas pokok dan fungsi sesuai personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan | | |
4. Ssitem kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya | | |
H. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO | KEGIATAN BELAJAR | Nilai Budaya dan Karakteristik bangsa |
1 | Kegiatan Awal | |
| Melakukan doa bersama untuk memulai pelajaran hari ini | Bersahabat / Komunikatif |
| Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini | |
2 | Kegiatan inti : | Tanggungjawab |
| v Eksplorasi : | |
| Dalam kegiatan Eksplorasi | |
| Menerapkan system kerja di kapal | |
| v Elaborasi | |
| Dalam Kegiatan Elaborasi | |
| | |
| v Konfirmasi | |
| Dalam kegiatan konfirmasi siswa : | |
| - Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui - Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui | |
3 | Kegiatan akhir : | |
| Refleksi | |
| - Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini | |
| - Melakukan doa bersama untuk mengakhiri pembelajaran | |
I. ALOKASI WAKTU
8 X 45 Menit
K. SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
v Modul BST
v Struktur Organisasi di kapal
v Perjanjian kerja laut
L. PENILAIAN
Jenis tagihan
v Tugas individu
v Ulangan
Bentuk instrument
v Uraian bebas
v Pilihan ganda
v Jawaban singkat
Mengetahu Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan Raha LA HALISI, S.Pd., M.Pd | Raha,……………………………2012 Guru Mata Pelajar WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMK
MATA PELAJARAN : KOMPETENSI KEJURUAN
KELAS / SEMESTER : X / 1 (SATU)
A. STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social di atas kapal
B. KOMPETENSI DASAR
Menerapkan hubungan social dalam lingkungan kerja
C. MATERI PEMBELAJARAN
1. Aspek-aspek social diatas kapal
2. Keharmonisan dan Motivasi
3. Disiplin
4. Tanggung jawab Individu
5. Prevese
6. Penggunaan alcohol dan obat-obatan
D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
NO | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | NILAI BUDAYA DAN KARAKTER | KEWIRAUSAHAAN / EKONOMI KREATIF |
1 | Aspek sosial di identivikasi dengan cermat | Bersahabat / komunikatif Tanggung jawab | Kepemimpinan |
2 | Keharmonisan dan motivasi dipelihara dengan baik | | |
3 | Kedisiplinan ditegakan sesuai dengan norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional | | |
4 | Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenangannya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal | | |
E. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat :
v Mengidentivikasi aspek social dengan benar
v Memahami keharmonisan dan motivasi
v Memahami disiplin
v Memahami tanggung jawab individu
v Memahami provesi
F. MATERI PEMBELAJARAN
- Penugasan
- Ceramah
- Tanya jawab
G. STRATEGI PEMBELAJARAN
TATAP MUKA | TERSTRUKTUR | MANDIRI |
1. Memahami aspek-aspek social diatas kapal | | |
2. Memahami keharmonisan dan motivasi | | |
3. Memahami disiplin | | |
4. Memahami tanggungjawab individu | | |
5. Memahami provesi | | |
6. Memahami dampak penggunaan alcohol dan obat-obat terlarang | | |
7. Menerapkan prinsip dasar hubungan social dalam lingkungan kerja | | |
J. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO | KEGIATAN BELAJAR | Nilai Budaya dan Karakteristik bangsa |
1 | Kegiatan Awal | |
| Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini | Bersahabat / Komunikatif |
| Membuat kelompok diskusi | |
2 | Kegiatan inti : | Tanggungjawab |
| v Eksplorasi : | |
| Dalam kegiatan Eksplorasi | |
| - Menerapkan kepemimpinan diatas kapal | |
| - Memahami gaya kepemimpinan | |
| v Elaborasi | |
| Dalam Kegiatan Elaborasi | |
| - Menuliskan prinsip-prinsip kepemimpinan | |
| - Menyampaikan secara lisan tanggung jawab individu diatas kapal | |
| v Konfirmasi | |
| Dalam kegiatan konfirmasi siswa : | |
| - Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui - Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui | |
3 | Kegiatan akhir : | |
| Refleksi | |
| - Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini | |
| - Melakukan doa bersama untuk mengakhiri pembelajaran | |
K. ALOKASI WAKTU
8 X 45 Menit
M. SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
v Modul BST
v Struktur Organisasi di kapal
v Perjanjian kerja laut
N. PENILAIAN
Jenis tagihan
v Tugas individu
v Ulangan
Bentuk instrument
v Uraian bebas
v Pilihan ganda
v Jawaban singkat
Mengetahu Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan Raha LA HALISI, S.Pd., M.Pd | Raha,……………………………2012 Guru Mata Pelajar WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN RAHA
MATA PELAJARAN :
KELAS / SEMESTER : X / 1 (SATU)
A. STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal
B. KOMPETENSI DASAR
Menerapkan kepemimpinan diatas kapal
C. MATERI PEMBELAJARAN
1. Kepemimpinan
2. Gaya kepemimpinan
D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
NO | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | NILAI BUDAYA DAN KARAKTER | KEWIRAUSAHAAN / EKONOMI KREATIF |
1 | Kepemimpinan diatas kapal diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan | v Bersahabat / komunikatif v Tanggung jawab | v Kepemimpinan |
E. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat :
v Memahami Prinsip-prinsi Kepemimpinan
v Memahami gaya kepemimpinan
v Menerapkan kepemimpinan diatas kapal
F. MATERI PEMBELAJARAN
- Penugasan
- Ceramah
- Tanya jawab
G. STRATEGI PEMBELAJARAN
TATAP MUKA | TERSTRUKTUR | MANDIRI |
1. Kepemimpinan diatas kapal diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan | | |
2. Memahami prinsip-prinsip kepemimpinan | | |
3. Memahami gaya kepemimpinan | | |
4. Menerapkan kepemimpinan diatas kapal | | |
H. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO | KEGIATAN BELAJAR | Nilai Budaya dan Karakteristik bangsa |
1 | Kegiatan Awal | |
| Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini | Bersahabat / Komunikatif |
| Membuat kelompok diskusi | |
2 | Kegiatan inti : | Tanggungjawab |
| v Eksplorasi : | |
| Dalam kegiatan Eksplorasi | |
| - Menerapkan kepemimpinan diatas kapal | |
| - Memahami gaya kepemimpinan | |
| v Elaborasi | |
| Dalam Kegiatan Elaborasi | |
| - Menuliskan prinsip-prinsip kepemimpinan | |
| - Menyampaikan secara lisan tanggung jawab sosial diatas kapal | |
| v Konfirmasi | |
| Dalam kegiatan konfirmasi siswa : | |
| - Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui - Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui | |
3 | Kegiatan akhir : | Bersahabat / Komunikatif |
| Refleksi | |
| - Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini | |
| - Melakukan doa bersama untuk mengakhiri pembelajaran | |
L. ALOKASI WAKTU
8 X 45 Menit
O. SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
v Modul BST
v Struktur Organisasi di kapal
v Perjanjian kerja laut
P. PENILAIAN
Jenis tagihan
v Tugas individu
v Ulangan
Bentuk instrument
v Uraian bebas
v Pilihan ganda
v Jawaban singkat
Mengetahu Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan Raha LA HALISI, S.Pd., M.Pd | Raha,……………………………2012 Guru Mata Pelajar WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely |
SILABUS PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN RAHA
MATA PELAJARAN : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
KELAS : X
SEMESTER : 1 (SATU)
STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan Hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal
Kompetensi dasar | Materi pembelajaran | Nilai budaya dan karakteristik bangsa | Kewirausahaan / ekonomi kreatif | Kegiatan pembelajaran | Indikator pencapaian kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber belajar |
1.mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia | v Perkembangan perilaku kelompok v Masalah-masalah social v Terjadinya kenhik v Kedudukan awak kapal | v Bersahabat / komunikatif v Tanggung jawab | v Kepemimpinan | v Mengidentivikasi dan tanggung jawab social diatas kapal v Mengidentivikasi perkembangan perilaku kelompok v Mengidentivikasi masalah masalah social v Mengidentifikasi terjadinya konflik v Mengidentivikasi kedudukan awak kapal | Hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal diterapkan dengan benar | v Jenis tagihan : v Tugas individu v Ulangan v Bentuk instrument v Uraian bebas v Pilihan ganda v Jawaban singkat | 2 | v Model BST v Struktur organisasi di Kapal v Perjanjian kerja laut |
2.Menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal | Manajemen perkapalan Tujuan, fungsi dan hambatan Organisasi manajemen perkapalan System kerja di kapal | v Bersahabat / komunikatif v Tanggung jawab | v Kepemimpinan | v Memahami hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal seuai hak dan tanggung jawabnya v Mehahami manajemen perkapalan v Memahami tujuan fungsi dan hambatan v Memahami organisasi manajemen perkapalan v Memahami system kerja di kapal v Menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal sesuai hak dan tangungjawabnya | v Manajemen perkapalan diidentivikasi dengan cermat v Organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal v Tugas pokok dan fungsi setiap personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan v System kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya | v Jenis tagihan : v Tugas individu v Ulangan v Bentuk instrument v Uraian bebas v Pilihan ganda v Jawaban singkat | 2 | v Model BST v Struktur organisasi di Kapal v Perjanjian kerja laut |
Kompetensi dasar | Materi pembelajaran | Nilai budaya dan karakteristik bangsa | Kewirausahaan / ekonomi kreatif | Kegiatan pembelajaran | Indikator pencapaian kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber belajar |
3.mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia | v Aspek-aspek social diatas kapal v Keharmonisan dan motivasi v Disiplin v Tanggung jawab individu v Prevesi v Penggunaan alcohol dan obat-obatan | v Bersahabat / komunikatif v Tanggung jawab | v Kepemimpinan | v Memahami Aspek-aspek social diatas kapal v Memahami Keharmonisan dan motivasi v Memahami Disiplin v Memahami Tanggung jawab individu v Memahami Prevesi v Memahami dampak Penggunaan alcohol dan obat-obatan v Menerapkan prinsip dasar hubungan social dalam lingkungan kerja | v Aspek social di identivikasi dengan benar v Keharmonisan dan motivasi di pelihara dengan baik v Kedisiplinan ditegakan sesuai dengan norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional v Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenagannya dank ode kompetensi etika sisial yang berlaku diatas kapal | v Jenis tagihan : v Tugas individu v Ulangan v Bentuk instrument v Uraian bebas v Pilihan ganda v Jawaban singkat | 2 | v Model BST v Struktur organisasi di Kapal v Perjanjian kerja laut |
4.Menerapkan kepemimpinan diatas kapal | v Kepemimpinan v Gaya kepemimpinan | v Bersahabat / komunikatif v Tanggung jawab | v Kepemimpinan | v Memahami prinsip prinsip kepemimpinan v Memahami gaya kepemimpinan v Menerapkan kepemimpinan diatas kapal | v Kepemimpinan diatas kapal di identivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan | v | 2 | v Model BST v Struktur organisasi di Kapal v Perjanjian kerja laut |
Demikianlah Artikel PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN
Sekianlah artikel PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN dengan alamat link https://contoh-definisi-pengertian.blogspot.com/2015/10/pemetaan-sk-sd-dan-aspek-hubungan_6.html