PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN

PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN - Hallo sahabat CONDENPE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN
link : PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN

Kamu Bisa Download File PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN di bawah ini !

Baca juga


    PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN



    PEMETAAN SK SD DAN ASPEK
    HUBUNGAN KEMANUSIAAN


    SATUAN PENDIDIKAN
    MATA PELAJARAN
    KELAS / SEMESTER

    Standar Kompetensi
    Kompetensi Dasar
    Indicator Pencapaian Kompetensi
    Aspek

    Pengusaaan konsep dan nilai-nilai
    Penerapan
    Ket
    1.    Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social diatas kapal
    1.1       mengidentivikasi aspek umum  hubungan antar manusia
    1.2       menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal
    1.3       Menerapkan
    1.4       Menrapkan kepemimpinan diatas kapal
    v hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab sosial diatas kapal diterapkan dengan benar 
    v manajemen perkapalan diidentivikasi dengan benar
    v organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal
    v tugas pokok dan fungsi setiap persosial dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan
    v system kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya
    v aspek social di identifikasi dengan benar
    v keharmonisan dan motifasi dipelihara dengan baik
    v kedisiplinan ditegakan sesuai norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional
    v Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewajiban arahnya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal
    v Kepemimpinan diatas kapal di identivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan





    Mengetahu
    Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
    Raha



    LA HALISI, S.Pd., M.Pd

    Guru Mata Pelajar




    WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely


















    KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
    MATA PELAJARAN  HUBUNGAN KEMANUSIAAN

    SEKOLAH    : SMK KELAUTAN DAN PERIKANAN RAHA
    KELAS          :
    SEMESTER :
    KKM              :

    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
    STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

    HASIL KKM
    NILAI KKM %
    Standar Kompetensi
    1.    Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social diatas kapal







    1.1 Mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia







    Hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal diterapkan dengan benar







    1.2 Menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal







    Manajemen perkapalan di identivikasi dengna benar







    Organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal







    Tugas pokok dan fungsi setiap personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan







    Sistem kerja dikapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya.







    1.3 Menerapkan hubungan sosial dalam lingkungan







    Aspek social diidentivikasi dengan benar







    Keharmonisan dan motivasi dipeliraha dengan baik







    Kedisiplinan ditegakan sesuai dengan norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional







    Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenangannya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal.







    1.4 menerapkan kepemimpinan diatas kapal







    Kepemimpinan di atas kapal di identivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing masing kapal perikanan.







    JUMLAH 2 KD









    Mengetahu
    Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
    Raha



    LA HALISI, S.Pd., M.Pd

    Guru Mata Pelajar




    WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely




    PROGRAM SEMESTER
    TAHUN AJARAN 2012 / 2013

    SEKOLAH                                        : SMK KELAUTAN DAN PERIKANAN RAHA
    KELAS  /  SEMESTER                   : X / 1 (SATU)
    MATA PELAJARAN                      : PENCEGAHASAN POLUSI
    KODE KOMPETENSI                    :
    STANDAR KOMPETENSI            : MENERAPKAN HUBUNGAN KEMANUSIAAN DAN TANGGUNGJAWAB
      SOSIAL DIATAS KAPAL

    KOMPETENSI DASAR
    INDIKATOR
    MATERI POKOK
    ALOKASI WAKTU
    JULI
    AGUSTUS
    SEPTEMBER
    OKTOBER
    NOVEMBER
    DESEMBER
    1.1meidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia
    Hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social diatas kepal diterapkan dengan benar
    -   Perkembangan perilaku kelompok
    -   Masalah masalah social
    -   Terjadinya konflik
    -   Kedudukan awak kapal


    2 JP
    1
    2
    3
    1
    2
    3
    4
    5
    1
    2
    3
    4
    5
    1
    2
    3
    4
    5
    1
    2
    3
    4
    5
    1
    2
    3
    4
    5
    1.2menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal
    -   Manajemen perkapalan di identivikasi dengan cermat
    -   Organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal
    -   Tugas pokok dan fungsi setiap per social dijabarkan dengan benar sesuai ketentuan perusahaan
    -   System kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya
    -   Manajemen perkapalan
    -   Tujuan, fungsi, dan hambatan
    -   Organisasi manajemen perkapalan
    -   System kerja di kapal

    2 JP




























    1.3 menerapkan hubungan sisial dama lingkungan kerja
    -   Aspek social di identivikasi dengan benar
    -   Keharmonisan dan motivasi dipelihara dengan baik
    -   Kedisiplinan ditegakan sesuai norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional
    -   Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenagannya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal 































    1.4menerapkan kepemimpinan diatas kapal

    -   Kepemimpinan diatas kapal diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan

    -   Kepemimpinan
    -   Gaya kepemimpinan

    2 JP
































    Mengetahu
    Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
    Raha



    LA HALISI, S.Pd., M.Pd

    Guru Mata Pelajar




    WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely



    PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
    HUBUNGAN KEMANUSIAAN


    SATUAN PENDIDIKAN    :
    MATA PELAJARAN          : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
    KELAS / SEMESTER         : X / 1 (SATU)
    TAHUN AJARAN               : 2012-2013

    NO
    STANDAR KOMPETENSI
    ALOKASI WAKTU
    KET
    KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI



    Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab sosial diatas kapal
    1.1Mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia
    -     Perkembangan perilaku kelompok
    -     Masalah-masalah social
    -     Terjadinya konflik
    -     Kedudukan awak kapal




    1.2 menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan sisial di kapal
    -     Manajemen perkapalan diidentivikasi dengan cermat
    -     Organisasi diatas kapal di buat sesuai kebutuhan kebutuhan ditas kapal
    -     Tugas pokok dan fungsi setiap personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan
    -     System kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya





    1.3 menerapkan hubungan Sosial dalam lingkungan kerja
    -     Aspek social di identivikasi dengan benar
    -     Keharmonisan dan motivasi dipeliharan dengan baik
    -     Kedisiplinan diterapkan sesuai norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional
    -     Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenagannya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal 





    1.4menerapkan kepemimpinan diatas kapal

    -   Kepemimpinan diatas kapal diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan





    Mengetahu
    Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
    Raha



    LA HALISI, S.Pd., M.Pd

    Guru Mata Pelajar




    WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely









    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP)

    SEKOLAH                           : SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN RAHA
    MATA PELAJARAN          : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
    KELAS / SEMESTER         : X / 1 (SATU)

    A.    STANDAR KOMPETENSI
    Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal
    B.     KOMPETENSI DASAR
    Mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia
    C.    MATERI PEMBELAJARAN
    1.      Perkembangan perilaku kelompok
    2.      Masalah-masalah social
    3.      Terjadinya konflik
    4.      Kedudukan awak kapal

    D.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
    NO
    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
    NILAI BUDAYA DAN KARAKTER
    KEWIRAUSAHAAN / EKONOMI KREATIF
    1
    Mengidentivikasi hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social diatas kapal
    Bersahabat / komunikatif
    Tanggung jawab
    Kepemimpinan
    2
    Mengidentivikasi perkembangan perilaku kelompok


    3
    Mengidentivikasi masalah-masalah social


    4
    Mengidentivikasi terjadinya konflik


    5
    Mengidentivikasi kedudukan awak kapal



    v  Mengidentivikasi perkembangan perilaku kelompok
    v  Mengidentifikasi masalah-masalah social
    v  Mengidentivikasi kedudukan awak kapal
    E.     METODE PEMBELAJARAN
    v  Penugasan
    v  Ceramah
    v  Tanggung jawab
    F.     STRATEGI PEMBELAJARAN
    TATAP MUKA
    TERSTRUKTUR
    MANDIRI
    v  Mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia
    v  Hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal diterapkan dengan benar
    v  Masalah-masalah social

    Siswa


    G.     LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
    NO
    KEGIATAN BELAJAR
    Nilai Budaya dan Karakteristik bangsa
    1
    Kegiatan Awal


    Melakukan doa bersama untuk memulai pelajaran hari ini
    Bersahabat / Komunikatif

    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini 

    2
    Kegiatan inti :


    v  Eksplorasi :


    Mengetahui tentang hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal dengan benar


    v  Konfirmasi


    Dalam kegiatan  konfirmasi siswa


    -          Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui
    -          Menjelaskan hal-hal yang belum diketahui

    3
    Kegiatan akhir :


    Refleksi


    -          Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini


    -          Melakukan doa bersama untuk mengakhiri pembelajaran



    H.    ALOKASI WAKTU
    8 X 46 Menit 

    I.        SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
    v  Modul BST
    v  Struktur Organisasi
    v  Perjanjian kerja laut

    J.      PENILAIAN
    Jenis tagihan
    v  Tugas individu
    v  Ulangan
    Bentuk instrument
    v  Uraian bebas
    v  Pilihan ganda
    v  Jawaban singkat


    Mengetahu
    Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
    Raha



    LA HALISI, S.Pd., M.Pd
    Raha,……………………………2012
    Guru Mata Pelajar




    WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely










    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP)

    SEKOLAH                           : SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN RAHA
    MATA PELAJARAN          : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
    KELAS / SEMESTER         : X / 1 (SATU)

    A.    STANDAR KOMPETENSI
    Menerapkan hubungan antara manusia dalam kehidupan sisial di kapal  
    B.     KOMPETENSI DASAR
    Menerapkan hubungan antara manusia dalam kehidupan social di kapal
    C.    MATERI PEMBELAJARAN
    1.      Manajemen Perkapalan
    2.      Tujuan Fungsi dan Hambatan
    3.      Organisasi Manajemen perkapalan
    4.      System kerja di kapal
    D.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
    NO
    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
    NILAI BUDAYA DAN KARAKTER
    KEWIRAUSAHAAN / EKONOMI KREATIF
    1
    Manajemen perkapalan di identivikasi dengan cermat
    Bersahabat / komunikatif
    Tanggung jawab
    Kepemimpinan
    2
    Organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal  


    3
    Tugas pokok dan fungsi sesuai personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan


    4
    Ssitem kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya  



    E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
    Siswa dapat
    v  Memahami hubungan antar manusia dalam kehidupan sisial dikapal sesuai hak dan tanggungjawabnya
    v  Memahami manajemen perkapalan
    v  Memahami tujuan, fungsi dan hambatan
    v  Memahami  organisasi manajemen perkapalan
    v  Memahami system kerja di kapal
    F.     MATERI PEMBELAJARAN
    -                 Penugasan
    -                 Ceramah
    -                 Tanya jawab 

    G.    STRATEGI PEMBELAJARAN
    TATAP MUKA
    TERSTRUKTUR
    MANDIRI
    1.    Manajemen perkapalan di identivikasi dengan cermat


    2.    Organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal 


    3.    Tugas pokok dan fungsi sesuai personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan


    4.    Ssitem kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya 



    H.      LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
    NO
    KEGIATAN BELAJAR
    Nilai Budaya dan Karakteristik bangsa
    1
    Kegiatan Awal


    Melakukan doa bersama untuk memulai pelajaran hari ini
    Bersahabat / Komunikatif

    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini 

    2
    Kegiatan inti :
    Tanggungjawab

    v  Eksplorasi :


    Dalam kegiatan Eksplorasi


    Menerapkan system kerja di kapal  


    v  Elaborasi


    Dalam Kegiatan Elaborasi





    v  Konfirmasi


    Dalam kegiatan  konfirmasi siswa :


    -        Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui
    -        Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui

    3
    Kegiatan akhir :


    Refleksi


    -          Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini


    -          Melakukan doa bersama untuk mengakhiri pembelajaran


    I.       ALOKASI WAKTU
    8 X 45 Menit 

    K.     SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
    v  Modul BST
    v  Struktur Organisasi  di kapal
    v  Perjanjian kerja laut

    L.     PENILAIAN
    Jenis tagihan
    v  Tugas individu
    v  Ulangan
    Bentuk instrument
    v  Uraian bebas
    v  Pilihan ganda
    v  Jawaban singkat

    Mengetahu
    Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
    Raha



    LA HALISI, S.Pd., M.Pd
    Raha,……………………………2012
    Guru Mata Pelajar




    WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely


    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP)

    SEKOLAH                           : SMK 
    MATA PELAJARAN          : KOMPETENSI KEJURUAN   
    KELAS / SEMESTER         : X / 1 (SATU)

    A.    STANDAR KOMPETENSI
    Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social di atas kapal   

    B.     KOMPETENSI DASAR
    Menerapkan hubungan social dalam lingkungan kerja

    C.    MATERI PEMBELAJARAN
    1.      Aspek-aspek social diatas kapal
    2.      Keharmonisan dan Motivasi
    3.      Disiplin
    4.      Tanggung jawab Individu
    5.      Prevese
    6.      Penggunaan alcohol dan obat-obatan

    D.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
    NO
    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
    NILAI BUDAYA DAN KARAKTER
    KEWIRAUSAHAAN / EKONOMI KREATIF
    1
    Aspek sosial di identivikasi dengan cermat
    Bersahabat / komunikatif
    Tanggung jawab
    Kepemimpinan
    2
    Keharmonisan dan motivasi dipelihara dengan baik  


    3
    Kedisiplinan ditegakan sesuai dengan norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional 


    4
    Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenangannya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal  




    E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
    Siswa dapat  :
    v  Mengidentivikasi aspek social dengan benar
    v  Memahami  keharmonisan dan motivasi
    v  Memahami  disiplin 
    v  Memahami   tanggung jawab individu 
    v  Memahami  provesi 

    F.     MATERI PEMBELAJARAN
    -                 Penugasan
    -                 Ceramah
    -                 Tanya jawab 

    G.    STRATEGI PEMBELAJARAN
    TATAP MUKA
    TERSTRUKTUR
    MANDIRI
    1.    Memahami aspek-aspek social diatas kapal  


    2.    Memahami keharmonisan dan motivasi  


    3.    Memahami disiplin 


    4.    Memahami tanggungjawab individu  


    5.    Memahami provesi


    6.    Memahami dampak penggunaan alcohol dan obat-obat terlarang


    7.    Menerapkan prinsip dasar hubungan social dalam lingkungan kerja











    J.        LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
    NO
    KEGIATAN BELAJAR
    Nilai Budaya dan Karakteristik bangsa
    1
    Kegiatan Awal


    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini 
    Bersahabat / Komunikatif

    Membuat kelompok diskusi

    2
    Kegiatan inti :
    Tanggungjawab

    v  Eksplorasi :


    Dalam kegiatan Eksplorasi


    -          Menerapkan  kepemimpinan diatas kapal  


    -          Memahami gaya kepemimpinan


    v  Elaborasi


    Dalam Kegiatan Elaborasi


    -          Menuliskan prinsip-prinsip kepemimpinan  


    -          Menyampaikan secara lisan tanggung jawab individu diatas kapal 


    v  Konfirmasi


    Dalam kegiatan  konfirmasi siswa :


    -        Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui
    -        Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui

    3
    Kegiatan akhir :


    Refleksi


    -          Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini


    -          Melakukan doa bersama untuk mengakhiri pembelajaran


    K.    ALOKASI WAKTU
    8 X 45 Menit 
    M.    SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
    v  Modul BST
    v  Struktur Organisasi  di kapal
    v  Perjanjian kerja laut
    N.    PENILAIAN
    Jenis tagihan
    v  Tugas individu
    v  Ulangan
    Bentuk instrument
    v  Uraian bebas
    v  Pilihan ganda
    v  Jawaban singkat


    Mengetahu
    Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
    Raha



    LA HALISI, S.Pd., M.Pd
    Raha,……………………………2012
    Guru Mata Pelajar




    WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely


















    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP)

    SEKOLAH                           : SMK  PERIKANAN DAN KELAUTAN RAHA
    MATA PELAJARAN          :     
    KELAS / SEMESTER         : X / 1 (SATU)

    A.    STANDAR KOMPETENSI
    Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggung  jawab social diatas  kapal
    B.     KOMPETENSI DASAR
    Menerapkan kepemimpinan diatas kapal 
    C.    MATERI PEMBELAJARAN
    1.      Kepemimpinan
    2.      Gaya kepemimpinan

    D.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
    NO
    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
    NILAI BUDAYA DAN KARAKTER
    KEWIRAUSAHAAN / EKONOMI KREATIF
    1
    Kepemimpinan diatas kapal diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan 
    v  Bersahabat / komunikatif
    v  Tanggung jawab
    v  Kepemimpinan

    E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
    Siswa dapat  :
    v  Memahami  Prinsip-prinsi Kepemimpinan
    v  Memahami  gaya kepemimpinan
    v  Menerapkan kepemimpinan diatas kapal

    F.     MATERI PEMBELAJARAN
    -                 Penugasan
    -                 Ceramah
    -                 Tanya jawab 

    G.    STRATEGI PEMBELAJARAN
    TATAP MUKA
    TERSTRUKTUR
    MANDIRI
    1.    Kepemimpinan  diatas kapal  diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan


    2.    Memahami prinsip-prinsip kepemimpinan    


    3.    Memahami  gaya kepemimpinan


    4.    Menerapkan kepemimpinan diatas kapal    



    H.      LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
    NO
    KEGIATAN BELAJAR
    Nilai Budaya dan Karakteristik bangsa
    1
    Kegiatan Awal


    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini 
    Bersahabat / Komunikatif

    Membuat kelompok diskusi

    2
    Kegiatan inti :
    Tanggungjawab

    v  Eksplorasi :


    Dalam kegiatan Eksplorasi


    -          Menerapkan  kepemimpinan diatas kapal  


    -          Memahami gaya kepemimpinan


    v  Elaborasi


    Dalam Kegiatan Elaborasi


    -          Menuliskan prinsip-prinsip kepemimpinan 


    -          Menyampaikan secara lisan tanggung jawab sosial diatas kapal 


    v  Konfirmasi


    Dalam kegiatan  konfirmasi siswa :


    -        Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui
    -        Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui



    3
    Kegiatan akhir :
    Bersahabat / Komunikatif

    Refleksi


    -          Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini


    -          Melakukan doa bersama untuk mengakhiri pembelajaran


    L.     ALOKASI WAKTU
    8 X 45 Menit 
    O.     SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
    v  Modul BST
    v  Struktur Organisasi  di kapal
    v  Perjanjian kerja laut
    P.     PENILAIAN
    Jenis tagihan
    v  Tugas individu
    v  Ulangan
    Bentuk instrument
    v  Uraian bebas
    v  Pilihan ganda
    v  Jawaban singkat


    Mengetahu
    Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
    Raha



    LA HALISI, S.Pd., M.Pd
    Raha,……………………………2012
    Guru Mata Pelajar




    WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely





    SILABUS PEMBELAJARAN

    NAMA SEKOLAH                                             :  SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN RAHA
    MATA PELAJARAN                        : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
    KELAS                                                                 : X
    SEMESTER                                                        : 1 (SATU)
    STANDAR KOMPETENSI             : Menerapkan Hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab  social diatas kapal
    Kompetensi dasar
    Materi pembelajaran
    Nilai budaya dan karakteristik bangsa
    Kewirausahaan / ekonomi kreatif
    Kegiatan pembelajaran
    Indikator pencapaian kompetensi
    Penilaian
    Alokasi waktu
    Sumber belajar
    1.mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia
    v  Perkembangan perilaku kelompok
    v  Masalah-masalah social
    v  Terjadinya kenhik
    v  Kedudukan awak kapal
    v  Bersahabat / komunikatif
    v  Tanggung jawab
    v  Kepemimpinan
    v  Mengidentivikasi dan tanggung jawab social diatas kapal
    v  Mengidentivikasi perkembangan perilaku kelompok
    v  Mengidentivikasi masalah masalah social
    v  Mengidentifikasi terjadinya konflik
    v  Mengidentivikasi kedudukan awak kapal
    Hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal diterapkan dengan benar
    v Jenis tagihan :
    v Tugas individu
    v Ulangan
    v Bentuk instrument
    v Uraian bebas
    v Pilihan ganda
    v Jawaban singkat
    2
    v Model BST
    v Struktur organisasi di Kapal
    v Perjanjian kerja laut
    2.Menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal
    Manajemen perkapalan
    Tujuan, fungsi dan hambatan
    Organisasi manajemen perkapalan
    System kerja di kapal
    v  Bersahabat / komunikatif
    v  Tanggung jawab
    v  Kepemimpinan
    v  Memahami hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal seuai hak dan tanggung jawabnya
    v  Mehahami manajemen perkapalan
    v  Memahami tujuan fungsi dan hambatan
    v  Memahami organisasi manajemen perkapalan
    v  Memahami system kerja di kapal
    v  Menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal sesuai hak dan tangungjawabnya

    v Manajemen perkapalan diidentivikasi dengan cermat
    v Organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal
    v Tugas pokok dan fungsi setiap personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan
    v System kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya
    v Jenis tagihan :
    v Tugas individu
    v Ulangan
    v Bentuk instrument
    v Uraian bebas
    v Pilihan ganda
    v Jawaban singkat
    2
    v Model BST
    v Struktur organisasi di Kapal
    v Perjanjian kerja laut



    Kompetensi dasar
    Materi pembelajaran
    Nilai budaya dan karakteristik bangsa
    Kewirausahaan / ekonomi kreatif
    Kegiatan pembelajaran
    Indikator pencapaian kompetensi
    Penilaian
    Alokasi waktu
    Sumber belajar
    3.mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia
    v  Aspek-aspek social diatas kapal
    v  Keharmonisan dan motivasi
    v  Disiplin
    v  Tanggung jawab individu
    v  Prevesi
    v  Penggunaan alcohol dan obat-obatan
    v  Bersahabat / komunikatif
    v  Tanggung jawab
    v  Kepemimpinan
    v  Memahami Aspek-aspek social diatas kapal
    v  Memahami Keharmonisan dan motivasi
    v  Memahami Disiplin
    v  Memahami Tanggung jawab individu
    v  Memahami Prevesi
    v  Memahami dampak Penggunaan alcohol dan obat-obatan
    v  Menerapkan prinsip dasar hubungan social dalam lingkungan kerja
    v  Aspek social di identivikasi dengan benar
    v Keharmonisan dan motivasi di pelihara dengan baik
    v Kedisiplinan ditegakan sesuai dengan norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional
    v Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenagannya dank ode kompetensi etika sisial yang berlaku diatas kapal

    v Jenis tagihan :
    v Tugas individu
    v Ulangan
    v Bentuk instrument
    v Uraian bebas
    v Pilihan ganda
    v Jawaban singkat
    2
    v Model BST
    v Struktur organisasi di Kapal
    v Perjanjian kerja laut
    4.Menerapkan kepemimpinan diatas kapal
    v  Kepemimpinan
    v  Gaya kepemimpinan
    v  Bersahabat / komunikatif
    v  Tanggung jawab
    v  Kepemimpinan
    v  Memahami prinsip prinsip kepemimpinan
    v  Memahami gaya kepemimpinan
    v  Menerapkan kepemimpinan diatas kapal
    v Kepemimpinan diatas kapal di identivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan
    v  
    2
    v Model BST
    v Struktur organisasi di Kapal
    v Perjanjian kerja laut





    Demikianlah Artikel PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN

    Sekianlah artikel PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

    Anda sekarang membaca artikel PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN dengan alamat link https://contoh-definisi-pengertian.blogspot.com/2015/10/pemetaan-sk-sd-dan-aspek-hubungan_6.html

    Related Posts :