Cara Membuat Batas Pada Tanaman

Cara Membuat Batas Pada Tanaman - Hallo sahabat CONDENPE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Membuat Batas Pada Tanaman, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Definisi dan Cara, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Batas Pada Tanaman
link : Cara Membuat Batas Pada Tanaman

Kamu Bisa Download File Cara Membuat Batas Pada Tanaman di bawah ini !

Baca juga


Cara Membuat Batas Pada Tanaman

Cara membuat batas pada tanaman (Raising plants bed) adalah satu keperluan didalam kerja-kerja awal proses penyediaan tanah sebelum kerja menanam. Membuat batas tanaman adalah aktiviti untuk menaikkan atau meninggikan tanah untuk ditanam diatas batas dimana ia adalah bertujuan untuk mengelakkan dari air bertakung, menambah kesuburan tanah dengan meningkatkan penudaraan tanah, dapat memudahkan kawalan rumpai, aktiviti penyiraman dan juga bertujuan untuk aktiviti kawalan penyakit. Pada saya dapati kebanyakan tanaman sayuran dan tanaman jangkapendek lain (cashcrop) mempunyai sistem pengakaran yang cetek dan mudah rosak jika ia terendam didalam air (waterlogged). 

Sebaiknya tanaman ini perlu ditanam diatas batas yang mana membolehkan terdapat kawasan zon akar (root zones) yang sesuai untuk akar menyerap nutrien dan air serta udara bagi proses tumbesaran pokok (Lihat foto diatas). Keperluan batas memang paling kritikal bagi kawasan ladang atau pun kebun yang mempunyai paras air tinggi seperti dikawasan bekas sawah dan dari kawasan yang mempunyai jenis tanah liat (clay soil).

Tanah gambut dan tanah mineral juga sebaiknya dibuat batas penanaman untuk pertumbuhan anak pokok yang lebih baik. Dalam pembelajaran pertanian dimana-mana institusi lazimnya syllabus membuat batas tanaman dijalankan sama ada dalam bentuk teori dan praktikal. Ini menunjukkan bahawa peranan batas memang amat diperlukan untuk penanaman tanaman makanan. Batas yang elok lazimya gembur dan mampu menampong aliran air terutama pada musim hujan. 

Penanaman bagi sesetangah jenis tanaman umbisi juga perlukan batas tanaman untuk memberikan hasil yang baik seperti Keledek (Impomea batatas), Kacang Tanah (Arachis hypogea) dan juga juga beberapa jenis sayuran buah dan sayuran jenis daun. Artikel subuh ini saya menulis dalam "Anim Agro Technology" mengenai aktiviti membuat batas tanaman dan teknologi yang berkaitan untuk dijadikan bacaan dan rujukkan anda.



Demikianlah Artikel Cara Membuat Batas Pada Tanaman

Sekianlah artikel Cara Membuat Batas Pada Tanaman kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Batas Pada Tanaman dengan alamat link https://contoh-definisi-pengertian.blogspot.com/2015/09/membuat-batas.html