manfaat daun katuk untuk kesehatan

manfaat daun katuk untuk kesehatan - Hallo sahabat CONDENPE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul manfaat daun katuk untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : manfaat daun katuk untuk kesehatan
link : manfaat daun katuk untuk kesehatan

Kamu Bisa Download File manfaat daun katuk untuk kesehatan di bawah ini !

Baca juga


manfaat daun katuk untuk kesehatan

Manfaat daun katuk untuk kesehatan


Sebagian besar dari kita hanya tahu kalsu daun katuk hanya untuk melancarkan ASI ibu memenyusui ternyata Daun katuk dipenuhi senyawa fitokimia berkhasiat obat. Dalam daun katuk sedikitnya terdapat tujuh senyawa aktif yang dapat merangsang pembentukan hormon-hormon steroid (diantaranya progesteron, estradiol, testosteron, glukokortiroid) dan senyawa eikosanoid (seperti prostaglandin, prostasiklin, tromboksan, klipoksin, leukotrin).
Jika dikonsumsi wanita, senyawa aktif dalam daun katuk dakan memacu pembentukan hormon kewanitaan, sehingga kulit menjadi halus. Rambut lebih sehat dan lembut. Sebaliknya, dalam tubuh laki-laki senyawa aktif daun katuk akan merangsang pembentukan hormon keperkasaan yang akan menggenjot vitalitas seksual. Bahkan, produksi sel sperma melaju pesat seiring dengan peningkatan kualitas sperma. Daun katuk dipuji mampu meningkatkan vitalitas dan kesuburan pria yang loyo.

Kandungan daun katuk meliputi protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B dan C, pirolidinon, dan metil piroglutamat serta p-dodesilfenol sebagai komponen minor. Selain itu, dalam daun katuk terkandung energi, hidrat arang, serat, abu, kalsium, karoten, air, senyawa saponin, flavonoid dan tanin.

Suatu penelitian menyatakan isolat fase eter dan ekstrak petroleum eter daun katuk tidak menyebabkan peningkatan seksresi air susu yang bermakna. Satu penelitian menyatakan bahwa dekok akar katuk mempunyai efek antipiretik. Infus akar katuk mempunyai efek diuretik.

MANFAAT DAUN KATUK

Daun katuk yang memiliki sifat manis pada daunnya dapat berkhasiat mendinginkan, sehingga baik untuk menurunkan demam dan membersihkan darah. Tak hanya sampai disitu manfaat daun katuk yang bervariatif, seperti :

Melancarkan produksi ASI
Menghasilkan ASI yang cukup baik bagi kebutuhan makanan para bayi
Menambah zat besi dan nutrisi bagi ibu yang sedang dalam masa menyusui
Mengobati bisul/borok, jerawat
Menurunkan demam
Mengobati sembelit
Membersihkan darah kotor dalam jaringan dan pembuluh darah di seluruh bagian tubuh
Mengobati keluhan berbagai macam penyakit kulit
Bersifat diuretik atau meluruhkan pengeluaran air seni
Memacu pembentukan hormon kewanitaan terutama pada kulit terutama kulit menjadi halus
Meningkatkan gairah seksual bagi wanita atau pria
Menambah vitalitas seksual pria
Memproduksi sel sperma dan meningkatkan kualitas sperma pria
Meningkatkan kesuburan pria
Mencegah terjadinya pengerakan lemak pada dinding pembuluh darah (aterosklerosis)
Memperkecil risiko dari penyakit jantung koroner dan stroke
Mengkonsumsi daun katuk sebaiknya diikuti dengan mengkonsumsi bahan makanan sumber mineral terutama kalsium dan fosfor. Khasiat daun katuk akan muncul secara optimal bila kondisi tubuh berfungsi secara baik dan kebutuhan akan gizi di dalam makanan keseharian terpenuhi. Khusus bagi ibu yang sedang hamil, dilarang mengkonsumsi daun katuk, karena akan mengganggu proses reproduksi.

Manfaat daun katuk dikarenakan di dalamnya mengandung 7% protein dan juga mengandung serat yang mencapai 19%. Daun katuk merupakan satu jenis herbal alami yang mengandung vitamin K, selain mengandung vitamin A, B, dan C serta asam folat. Mineral yanga da di dalam duan katuk juga mengandng kalsium, besi, fosfor, dan magnesium. Warna dari daun katuk adalah hijau gelap karena kandungan klorofil yang sangat tinggi di dalamnya. Selain itu juga, kandungan sejenis zat yang ada di dalam daun katuk bekerja sebagai laktaga. Kandungan steroid serta polifenol yang bisa membantu untuk meningkatkan kadar prolaktin. Kadar prolaktin yang sangat tinggi inilah yang bisa membantu untuk meningkatkan proses percepatan dan melancarkan ASI. Daun katuk adalah salah satu pilhan yang baik dan bijak. Namun sebaiknya jarus diimbangi dengan asupan nutrisi yang lain dengan seimbang misalnya adalah dengan mengonsumsi buah dan juga jenis kacant-kacangan. Untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal, maka daun katuk bisa dikombinasikan juga dengan herbal yang lainnya.

Cara mengolah daun katuk maka harus dilakukan dengan baik. Namun sebaiknya jangan terlalu lama memasaknya karena jika terlalu matang akan menyebakan kualitas nutrisi dan gizi yang ada di dalamnya menjadi menurun. Kandungan vitamin C yang ada di dalam daun katuk segar, namun jika dimasak terlalu matang maka kandungan vitamin C yang ada di dalmnya akan mudah rusak akibat proses pemanasan yang terlalu lama. Konsumsilah daun katuk dengan baik dan seimbang. Karena jika konsumsi daun katuk secara berlebihan hal ini akan menyebabkan terganggunya proses penyerapan kalsium dan fosfor. Baik kalsium dan juga fosfor yang ada di dalam daun katuk atau juga didalam makanan lain yang bisa Anda santap bersama masakan daun katuk.


Demikianlah Artikel manfaat daun katuk untuk kesehatan

Sekianlah artikel manfaat daun katuk untuk kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel manfaat daun katuk untuk kesehatan dengan alamat link https://contoh-definisi-pengertian.blogspot.com/2015/01/manfaat-daun-katuk-untuk-kesehatan.html