tips penggemukan sapi 3 bulan panen

tips penggemukan sapi 3 bulan panen - Hallo sahabat CONDENPE, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul tips penggemukan sapi 3 bulan panen, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : tips penggemukan sapi 3 bulan panen
link : tips penggemukan sapi 3 bulan panen

Kamu Bisa Download File tips penggemukan sapi 3 bulan panen di bawah ini !

Baca juga


tips penggemukan sapi 3 bulan panen

Tips penggemukan sapi 3 bulan


Saat ini usaha penggemukan sapi potong di indonesia sangat menjajikan dikarenakan kebutuhan daging dari waktu kewaktu terus meningkat dan untuk mencukupi kebutuhan dalam negri indonesia masih tergantung dengan daging impor oleh sebab itu kami mencoba mengulas bagaimana kita memulai usaha penggemukan hanya dalam waktu 3 bulan



Ada beberapa kunci utama yang bisa mendukung kesuksesan system ini, yaitu:

1). Pemilihan Bakalan

Pemilihan bakalan adalah kunci utama apakah proses penggemukan yang akan dilaksanakan bisa berhasil dalam waktu 3 bulan atau tidak. Untuk membantu menentukan bakalan yang baik dalam system ini, maka akan kami jelaskan beberapa hal berikut:

a. Compensatory Growth

Pilih bakalan yang memiliki potensi pertumbuhan kompensasi (compensatory growth) tinggi. Untuk mengetahui potensi compensatory growth, data atau sejarah tentang perawatan sapi tersebut diperlukan. Bila menemukan sapi dari peternak yang dari pakan dan cara perawatannya kurang bagus, tanpa ragu langsung dibeli saja. Misal sehari-harinya dominan diberikan jerami. Padahal sapi tersebut dari jenis yang baik dan memiliki potensi tumbuh dengan baik jika dirawat dengan semestinya. Pertumbuhan untuk mengejar berat yang semestinya inilah yang kurang lebih disebut sebagai compensatory growth. Bila menemukan sapi bakalan yang bagus dengan perawatan dan menu yang sudah bagus pula, perlu dipikir dua kali untuk membelinya.

b. Ras/ jenis bakalan

Tiap-tiap ras/jenis sapi bakalan memiliki keunggulan masing-masing. Untuk penggemukan system 3 bulan kami merekomendasikan sapi jenis “Simpo”, “Limpo”, “Brangus”. Karena jenis ini harga bakalannya relative lebih murah sedangkan pertumbuhannya atau ADG-nya bisa berkisar antara 1.5 sampai 1.6 dan yang paling ekstrim bisa mencapai 2.6 kg. Untuk ras Simmental, Limousin (F1) tidak akan memberikan keuntungan yang maksimal, alasannya adalah harga bakalannya sudah mahal sedangkan pencapaian berat maksimal memerlukan waktu yang relative lebih lama.

c. Usia

Menentukan usia biasanya berdasarkan pada pengamatan gigi karena sapi tidak dilengkapi dengan akte kelahiran. Tapi jika pemiliknya jujur usia akan diketahui dengan bertanya langsung kepada pemiliknya. Untuk penggemukan sistem 3 bulan diprioritaskan pada bakalan yang sudah berganti gigi tengah. Prioritas pertama yang gigi tengahnya sudah berganti 2 pasanga (4 buah) biasanya usia 3 tahun, prioritas berikutnya yang sudah berganti gigi 1 pasang ( 2 buah).

d. Yang lain berkaitan dengan pengamatan body, perut, kaki, dll, pada dasarnya sama saja seperti teori pada umumnya.

e. Bobot ideal sapi bakalan program penggemukan 3 bulan adalah 450-550 (gak terlalu kurus atau trlalu gemuk)

2). Teknologi Pakan & Porsi Pemberian Pakan

a. Teknologi pakan

Menu pakan sapi yang ideal harus mengandung baik unsure makro maupun unsur mikro. Unsur makro adalah unsur-unsur yang diperlukan dalam jumlah yang banyak, seperti karbonhidrat, protein, dan…….. Yang banyak diberikan oleh para peternak umumnya adalah unsur makro sedangkan unsur-unsur mikro sering diabaikan oleh para peternak. Unsur-unsur ini meliputi vitamin, mineral, hormon pertumbuh, asam-asam amino.

b. Porsi pakan

Hal-hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan porsi pakan adalah:

1. Yakinkan bahwa setiap sapi yang baru masuk mau menyantap menu pakan yang diberikan dengan jumlah yang wajar. Dan dalam hal ini kami tidak mengalami kesulitan. Hampir 100% sapi baru masuk di tempat kami, bisa makan menu yang kami sajikan.

2. Porsi makan diberikan dengan porsi yang selalu ditingkatkan seiring dengan peningkatan berat badannya. Tidak perlu didasarkan pada jumlah kilogram tertentu, selagi sapi memiliki nafsu makan, berikan sesuai dengan keinginanya. Hal ini tidak menjadi masalah, karena nafsu makan selalu berkorelasi dengan penambahan berat badannya.

3). Akses dengan Jagal:

Penggemukan sistem 3 bulan akan berjalan baik bila peternak telah memiliki link dengan jagal yang siap menampung hasil panennya. Peternakan kami memiliki link dengan 3 jagal dari daerah yang berbeda dan dengan beberapa perbedaan dalam transaksi. Jagal Pertama (dari Wonosobo) – Permintaan 6 -7 ekor per minggunya. Ini masih menyesuaikan dengan kemampuan kami. Pembayaran uang muka ditransfer setelah menelpon pemberitahuan pengambilan dan pelunasan dilakukan pagi hari setelah karkas ditimbang, disaksikan oleh anak buah kami. Besar atau berat sapi berapapun bisa diambil, tidak ada batasan minimal atau maksimal kilogram. Jagal Kedua (dari Jalan Kaliurang, Jogja) dan Jagal Ketiga (dari Klaten) – Permintaan rutin, tetapi dengan berat yang sudah ditentukan. Tidak mau menerima yang terlalu besar. Ini menyesuaikan dengan kemampuan / quota penjualan jagal tersebut. – Cara pembayarannya lunas setelah karkas ditimbang. Adanya perbedaan tersebut, kami memprioritaskan penjualan pada jagal pertama. Membangun akses ke jagal sebenarnya sangat mudah, artinya jika sapi yang kita berikan selalu berkualitas dan disenangi dan memberikan keuntungan yang baik, maka order ke kami akan selalu mengalir dan dengan kecenderungan selalu meningkat pula.

4. Perawatan Kesehatan

Memandikan : 2 hari sekali

Pembersihan Kandang: 2x sehari (setelah pemberian pakan)

Demikian yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat



Demikianlah Artikel tips penggemukan sapi 3 bulan panen

Sekianlah artikel tips penggemukan sapi 3 bulan panen kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel tips penggemukan sapi 3 bulan panen dengan alamat link https://contoh-definisi-pengertian.blogspot.com/2014/12/tips-penggemukan-sapi-3-bulan-panen.html