Judul : Membidik Pangsa Pasar Pengguna Internet di Indonesia
link : Membidik Pangsa Pasar Pengguna Internet di Indonesia
Membidik Pangsa Pasar Pengguna Internet di Indonesia
Pengguna lnternet di lndonesia saat ini telah mencapai 34 juta user (Google.com, Juni 2010). Mereka umumnya memiliki daya beli yang cukup tinggi, sehingga merupakan pangsa pasar yang cukup menarik perhatian bagi para praktisi pemasaran di lndonesia. Hal ini didukung oleh infrastruktur lnternet semakin mudah dan murah di akses oleh seluruh lapisan masyarakat di berbagai daerah. Promosi di dunia maya sudah
menjadi keharusan bagi brand untuk tetap menjaga market share-nya. Keterbatasan informasi yang diperoleh
para pemasar dan pemilik brand, sering membuat pemasangan iklan di media online kurang tepat sasaran. Pemborosan anggaran sering ditemui karena tidak efesien-nya pemasangan iklan tersebut. Padahal, informasi seberapa besar jangkauan situs yang akan dipasang iklan bisa diakses secara gratis di Google Adplanner atau Alexa. Dari kedua situs tersebut dapat dilihat bahwa tidak semua khalayak bisa terjangkau lewat satu media lnternet saja.
4shared.com
Berdasarkan Google Adplanner dan Alexa, salah satu situs yang jangkauannya luas di lndonesia adalah 4shared.com. Dari data Juni 2010, 4shared menduduki peringkat 7 di Google Adplanner. Sedangkan di Alexa menduduki peringkat 10 dari daftar situs web yang paling sering dikunjungi oleh pengguna lndonesia. Situs ini tentu tidak asing lagi yang biasa berbagi file atau suka mengunduh lagu, video, presentasi, bahkan software. 4shared.com sebagai situs yang memberikan layanan online storage, saat ini memiliki 940 TB file yang disimpan, atau setara dengan 1.5 juta keping CD dengan kapasitas 600 MB dengan pengunjung rata-rata setiap hari 11 juta orang dari seluruh dunia. Di lndonesia, 4shared.com menjadi populer di kalangan pengguna lnternet karena selain banyak file tersedia secara bebas, kapasitas tampung yang besar (100G8 untuk premium dan 1OGB untuk free member)juga relatif mudah digunakan dibandingkan dengan online storage lain. Pengunjung dari lndonesia ke situs ini setiap bulannya mencapai 44.000.000 visitor, dengan jumlah halaman yang dibuka mencapai 340.000.000 pageviews per bulan. Data ini menjadikan 4shared. com menjadi media yang bisa diandalkan untuk menjangkau potensi pasar pengguna lnternet lndonesia. Pemasangan iklan di 4shared.com bagi pemilik brand di lndonesia relatif lebih efektif daripada situs media lokal lainnya. Beberapa studi kasus menunjukkan, dengan materi yang sama, iklan di 4shared dua kali lebih banyak diklik, dengan harga dua kali lebih murah. Persentase pengguna meng-klik iklan yang ditayangkan bisa mencapai lebih dari0.8%-1%, lebih banyak dari rata-rata iklan yang diklik hanya mencapai 0,1%- 0,6% di media lain. Hal ini menunjukkan bahwa beriklan di 4shared memiliki efektifitas dan efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan media lainnya. Umumnya pemasang iklan meragukan situs ini karena dua hal. Pertama, karena pengguna hanya datang dan mengunduh file saja. Tidak untuk melihat iklan. Tapi situs mana yang memang didatangi orang karena ingin melihat iklannya? Sama seperti portal yang dikunjungi karena hanya ingin membaca berita, 4shared juga sama. Bedanya, pengunjung 4shared relatif lebih banyak (berdasarkan ranking pengunjungnya). Kedua, masalah legalitas dari filefile yang dibagi. 45hared.com dari awal telah mengingatkan penggunanya, hanya berbagi content yang legal. Selain dihadang disclaimer saat registrasi, 4shared.com juga telah mengantisipasi dengan melakukan pembersihan secara periodik terhadap berbagai content yang tidak sesuai dengan term of service.
Ocentrum lndonesia
Ocentrum lndonesia adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam memberikan layanan Online lntegrated Marketing Communication (e-lMC). Layanan one stop service, dimulai dari penyusunan konsep, pembuatan materi iklan (website, aplikasi, games, banner interactive dan materi lainnya), hingga pemasangan iklan pada media- media yang sesuai. Sejak awal Juni 2010, Ocentrum lndonesia diberikan kepercayaan oleh New lT Solutions Ltd, Ukraina sebagai Partner Tunggal untuk memasarkan iklan untuk Agustus-September 2010 bisa menghubungi Ocentrum lndonesia.
Demikianlah Artikel Membidik Pangsa Pasar Pengguna Internet di Indonesia
Sekianlah artikel Membidik Pangsa Pasar Pengguna Internet di Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Membidik Pangsa Pasar Pengguna Internet di Indonesia dengan alamat link https://contoh-definisi-pengertian.blogspot.com/2012/07/membidik-pangsa-pasar-pengguna-internet.html