Judul : Microsoft Excel
link : Microsoft Excel
Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet ( lembar kerja elektronik ) canggih yang paling popular dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung. Memproyeksikan, menganalisa, dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk table dengn berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line, dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsetrasikn agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software microsoft ini.
Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai cara menggunakan Microsoft Excel Khususnya dalam dunia pendidikan. Karena fungsi MS. Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan misalnya dlam mengentri data-data nilai siswa, merangking hasil belajar siswa, pembayaran SPP Siswa, presentasi siswa, dan lain-lain. Dengan alasan trsebut, maka Penulis menyusun makalah ini sebagai penunjang dalam pembelajaran MS. Excel.
Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1. Apa pengertian menu dan ikon ?
2. Apa fungsi menu dan ikon pada MS. Excel ?
3. Bagaimana cara menyimpan, membuka dan mengelola file buku kerja ?
4. Bagaimana cara mengatur kolom dan baris ?
Berdasarkan rumusan masalh diatas maka maka tujuan penulisan malah ini adalah sebagai berikut :
1. Mendeskripsikan pengertian menu dan ikon.
2. Mendeskripsikan fungsi dan ikon pada MS. Excel.
3. Menjelaskan cara menyimpan, membuka dan mengelola file buku kerja.
4. Menjelaskan cara mengatur kolom dan baris.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
Menu merupakan kumpulan perintah yang sudah dikelompokan menjadi satu berdasarkan fungsinya masing-masing.
Icon merupakan perintah berbentuk gambar yang dijalankan atau diaktifkan dengan cara klik dua kali menggunakan mouse pada gambar tersebut.
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk melakukan pengeditan terhadap dokumen yang sedang Anda kerjakan. Untuk dapat mengakses halaman ribbon Home, Anda dapat melakukan dengan mengklik tab Home. Anda juga dapat menggunakan keyboard dengan menekan tombol Alt + H. Langkah ini akan menampilkan kotak-kotak kecil bertuliskan huruf akses cepat bagi setiap perintah pada tab Home. Tekan tombol Alt kembali untuk menonaktifkan huruf akses.
Tampilan tab Home
1. Fungsi Menu dan Ikon Tab Home.
Menu Tab Home | ||
Kelompok Clipboard | ||
Paste | Menempelkan hasil perintah cut/copy yang ada di clipboard | |
Cut | Memindahkan bagian yang ditandai ke clipboard | |
Copy | Menyalin ke clipboard | |
Format Painter | Melakukan copy format | |
Kelompok Font | ||
Font Selection | Mengganti jenis huruf | |
Font Size | Mengatur ukuran huruf | |
Increase/Decrease Font | Menaikkan dan menurunkan ukuran font satu tingkat | |
Bold, Italic, Underline | Menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi teks | |
Border | Membuat garis bingkai sel | |
Fill | Mewarnai sel | |
Color | Mewarnai huruf | |
Kelompok Aligment | ||
Vertical Alignment | Mengatur posisi teks secara vertikal pada sel. Atas, tengan, dan bawah | |
Perataan teks | Mengatur perataan teks, kiri, tengah, dan kanan | |
Indent | Menambah dan mengurangi inden teks | |
Teks Orientation | Mengubah kemiringan teks | |
Merge Cell | Menggabungkan sel | |
Page Break | Mengatur pemisah halaman | |
Kelompok Number | ||
Format Cell | Pengaturan jenis penulisan angka | |
Currency | Format angka untuk mata uang | |
Persen | Format angka persen | |
Comma | Mengubah nilai koma ribuan | |
Increase/Decrease Decimal | Menambah dan mengurangi nilai decimal | |
Kelompok Style | ||
Conditional Formatting | Melakukan format terkondisi | |
Format as Table | Membuat format tabel cepat | |
Cell Styles | Membuat format sel secara cepat | |
Kelompok Cells | ||
Insert | Memasukkan sel baru | |
Delete | Menghapus sel | |
Format | Melakukan format sel | |
Kelompok Editing | ||
Sum | Melakukan penghitungan | |
Fill | Membuat pola angka secara kontinu | |
Clear | Menghapus semuanya dari sel, nilai, hingga format | |
Sort & Filter | Mengatur data agar mudah dianalisis | |
Find & Select | Mencari dan menyeleksi teks dalam lembar kerja | |
2. Fungsi Menu dan Ikon tab Insert
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk menyisipkan objek-objek ke dalam naskah, seperti Picture (gambar), Clip Art (seni klip), Chart (grafik/diagram), dan Tabel.
Tampilan tab Insert
Fungsi Menu dan Ikon Tab Insert.
Menu Tab Insert | |
Kelompok Tables | |
Pivot Table | Memasukkan tabel pivot |
Table | Memasukkan tabe |
Kelompok Ilustrations | |
Picture | Menambahkan gambar pada worksheet |
Clip Art | Menambahkan gambar clipart pada worksheet |
Shapes | Menambahkan gambar bentuk tertentu |
Smart Art | Memasukkan objek smartart |
Kelompok Chart | |
Coloumn | Memasukkan grafik kolom |
Line | Memasukkan grafik garis |
Pie | Memasukkan grafik pie |
Bar | Memasukkan grafik batang |
Scatter | Memasukkan grafik distribus |
Other Chart | Memasukkan grafik lainnya |
Kelompok Link | |
Hyperlink | Memasukkan hyperlink pada worksheet |
Kelompok Text | |
Textbox | Memasukkan kotak teks |
Header & Footer | Memasukkan header dan footer |
WordArt | Memasukkan teks dekoratif |
Signature Line | Memasukkan garis tanda tangan |
Object | Memasukkan objek |
Symbol | Memasukkan symbol |
3. Fungsi Menu dan Ikon tab Page Layout
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk mengatur tampilan kertas dari naskah yang sedang dikerjakan, seperti mengatur Margins (batas awal dan batas akhir pencetakan kertas), Orientation (posisi pencetakan kertas, tegak atau mendatar), Size (ukuran kertas yang akan digunakan), Columns (tampilan bentuk kolom), dan sebagainya.
Tampilan tab Layout
Fungsi Menu dan Ikon Tab Page Layout.
Tab Page Layout | |
Kelompok Themes | |
Theme | Mengubah tema tampilan excel |
Color | Mengubah warna tema |
Font | Mengubah jenis font tema |
Effect | Mengubah efek tema |
Kelompok Page Setup | |
Margin | Mengubah margin halaman |
Orientation | Mengubah orientasi halaman |
Size | Mengubah ukuran kertas |
Print Area | Menentukan area tertentu untuk proses cetak |
Breaks | Menentukan pemisah halaman |
Background | Menentukan gambar untuk latar |
Print Title | Menentukan baris atau kolom yang dicetak pada setiap halaman |
Kelompok Scale to Fit | |
Width | Menentukan lebar hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas |
Height | Menentukan tinggi hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas |
Scale | Memperbesar atau memperkecil hasil cetak sesuai persentase Ukuran |
Kelompok Sheet Option | |
Gridlines | Mengatur tampilan garis grid di layar dan di hasil cetakan |
Heading | Mengatur tampilan header di layar dan di hasil cetakan |
Kelompok Arrange | |
Bring to Front | Objek ke depan |
Send to Back | Objek ke belakang |
Selection Pane | Memperlihatkan panel seleksi objek |
Align | Meluruskan objek |
Group | Mengelompokkan objek |
Rotate | Melakukan rotasi objek |
4. Fungsi Menu dan Ikon tab Formula
Halaman pada rbbon ini berisi tombol-tombol untuk mengolah dokumen dengan formula-formula yang telah disediakan oleh Microsoft Excel.
Tampilan tab Formula
Fungsi Menu dan Ikon Tab Formula.
Tab Formula | |
Kelompok Function Library | |
Insert Function | Memasukkan fungsi formula |
Autosum | Melakukan penghitungan cepat |
Recently Used | Memasukkan fungsi yang pernah digunakan |
Financial | Memasukkan fungsi keuangan |
Logical | Memasukkan fungsi logic |
Text | Memasukkan fungsi teks |
Date & Time | Memasukkan fungsi waktu |
Lookup & Reference | Memasukkan fungsi lookup dan referensi |
More Function | Memasukkan fungsi lainnya |
Kelompok Defined Name | |
Name Manager | Membuat, mengubah, dan mencari nama yang digunakan dalam workbook |
Define Name | Memberikan nama bagi sel |
Use in Formula | Memilih nama yang digunakan pada workbook dan menggunakannya pada formula |
Create From Selection | Membuat nama sel secara otomatis |
Kelompok Formula Auditing | |
Trace Precedent | Memperlihatkan panah pada sel lain yang memengaruhi nilaisel ini |
Trace Dependent | Memperlihatkan panah pada sel lain yang dipengaruhi nilaisel ini |
Remove Arrows | Menghilangkan panas yang dibuat oleh tracer |
Show Formulas | Memperlihatkan formula setiap sel |
Error Checking | Memeriksa formula yang salah |
Evaluate Formula | Memperlihatkan kotak dialog evaluasi formula |
Watch Window | Mengawasi nilai beberapa sel saat dilakukan perubahan pada lembar kerja |
Kelompok Calculation | |
Calculation | Menentukan kapan kalkulasi dilakukan |
Calculate Now | Melakukan kalkuasi semua workbook sekarang |
Calculate Sheet | Melakukan kalkulasi sheet sekarang |
5. Fungsi Menu dan Ikon tab Data
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk pengolahan data, seperti mengkoneksikan dengan file-file database lain, memfilter data, mengurutkan data (sorting) dan sebagainya.
Tampilan tab Data
Fungsi Menu dan Ikon Tab Data.
Tab Data | |
Kelompok Get External Data | |
From Access | Memasukkan data dariMS Access |
From Web | Memasukkan data dari web |
From Text | Memasukkan data dari teks |
From Other Sources | Memasukkan data dari sumber lain |
Existing Connection | Memasukkan data dari sumber yang pernah digunakan |
Kelompok Connections | |
Refresh All | Menyegarkan kembali data yang diambil dari sumber |
Connection | Memperlihatkan semua koneksi data pada workbook |
Properties | Melakukan spesifikasi koneksi data pada workbook |
Edit Link | Mengatur koneksi data dari file lain |
Kelompok Sort & Filter | |
Sort A to Z | Mengurutkan data dari yang terkecil ke terbesar |
Sort Z to A | Mengurutkan data dari yang terbesar ke terkecil |
Sort | Memunculkan kotak dialog pengurutan |
Filter | Melakukan penyaringan terhadap sel |
Clear | Menghapus penyaringan pada sel |
Reapply | Melakukan kembali penyaringan |
Advanced | Melakukan penyaringan spesifik |
Kelompok Data Tools | |
Text to Coloumn | Memisahkan isi sel menjadi beberapa kolom |
Remove Duplicates | Menghilangkan baris terduplikasi |
Data Validation | Mencegah data yang tidak valid masuk ke sel |
Consolidation | Menyatukan nilai beberapa range ke dalam satu range |
What-If Analysis | Mencoba beberapa nilai pada formula |
Kelompok Outline | |
Group | Mengelompokkan baris sel sehingga mereka dapat memendekdan memanjang |
Ungroup | Memisahkan sel yang mengelompok |
Subtotal | Menghitung total beberapa baris data yang berhubungan |
6. Fungsi Menu dan Ikon tab Review
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk review (kaji ulang) naskah. Seperti mengecek ejaan, mengubah bahasa, translasi bahasa, menyematkan komentar, dan sebagainya.
Tampilan tab Review
Fungsi Menu dan Ikon Tab Review.
Tab Review | |
Kelompok Proofing | |
Spelling | Memeriksa ejaan teks |
Research | Membuka panel penelitian referensi |
Thesaurus | Saran kata yang sepadan |
Translate | Menerjemahkan kata ke bahasa lain |
Kelompok Comments | |
Comment | Memasukkan komentar baru |
Delete | Menghapus komentar |
Previous | Memperlihatkan komentar sebelumnya |
Next | Memperlihatkan komentar selanjutnya |
Show/Hide Comment | Memperlihatkan atau menyembunyikan komentar |
Show All Comments | Perlihatkan semua komentar |
Show Ink | Memperlihatkan keterangan tinta pada lembar kerja |
Kelompok Changes | |
Protect Sheet | Melindungi lembar kerja |
Protect Workbook | Melindungi buku kerja |
Share Workbook | Berbagi buku kerja |
Protect and Share Workbook | Melindungi dan berbagi buku kerja |
Allow Users to Edit Ranges | Memperbolehkan pengguna mengubah data |
Track Changes | Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen |
1. Menyimpan file buku kerja
Lembar kerja Excel yang sudah jadi perlu diamankan agar tidak hilang, yaitu dengan cara disimpan ke hardisk atau disket terlebih dahulu. Lembar kerja yang terdapat dalam sebuah workbook akan disimpan dalam file Excel, cara menyimpan workbook dengan menggunakan ikon adalah sebagai berikut.
1) Klik ikon pada quick access toolbar.
2) Setelah masuk ke kotak dialog Save As, masukkan pilihan folder untuk menyimpan lembar kerja di dalam kotak pilihan Save in.
3) Isikan nama file sesuai dengan keinginan di kotak isian file name dengan cara menghapus dulu nama file default Excel. Sebagai contoh, apabila Anda akan mengganti nama file menjadi Daftar Nilai, maka yang harus dilakukan adalah menghapus “Book 1” kemudian ketikan “Latihan 1”.
1) Klik ikon pada quick access toolbar.
2) Setelah masuk ke kotak dialog Save As, masukkan pilihan folder untuk menyimpan lembar kerja di dalam kotak pilihan Save in.
3) Isikan nama file sesuai dengan keinginan di kotak isian file name dengan cara menghapus dulu nama file default Excel. Sebagai contoh, apabila Anda akan mengganti nama file menjadi Daftar Nilai, maka yang harus dilakukan adalah menghapus “Book 1” kemudian ketikan “Latihan 1”.
4) Apabila Anda menginginkan file simpanan Anda dapat dibuka kembali pada aplikasi Excel selain 2007 (misalnya di Excel 2003), maka gantilah tipe penyimpanan pada kotak pilihan Save As Type menjadi Excel 97-2003 workbook.
atau dengan memilih Save as Type Perhatikan tampilan berikut.
5) Setelah selesai klik Save
Dari proses penyimpanan tersebut, hasil lembar kerja Excel yang Anda simpan memiliki ekstensi xls. Berdasarkan contoh di atas, nama file yang tersimpan menjadi Latihan 1.xls
Dari proses penyimpanan tersebut, hasil lembar kerja Excel yang Anda simpan memiliki ekstensi xls. Berdasarkan contoh di atas, nama file yang tersimpan menjadi Latihan 1.xls
2. Menyimpan lembar kerja Excel dengan nama baru
Langkah untuk menyimpan lembar kerja Excel dengan nama baru adalah sebagai berikut.
a. Klik tombol office button.
b. Klik Save As ( )sehingga akan tampil kotak dialog Save As.
c. Pada kotak pilihan Save In, pilihlah folder sebagai tempat untuk menyimpan lembar kerja Excel yang baru. Apabila Anda tidak melakukan perubahan, maka hasil penyimpanan akan tersimpan dalam folder yang sama dengan tempat penyimpanan file yang lama.
d. Pada kotak isian File name, isikan nama file yang baru, lalu klik save.
3. Menyimpan lembar kerja Excel yang pernah disimpan
Lembar kerja lama yang pernah disimpan dapat pula disimpan kembali setelah Anda melakukan perubahan-perubahan. Proses penyimpanan file ini dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya adalah sebagai berikut.
a. Dengan cara mengklik tombol office button, kemudian klik Save.
b. Dengan mengklik ikon Save ( ) pada quick access toolbar.
c. Dengan menekan tombol Ctrl + S di keyboard.
4.Membuka kembali lembar kerja Excel
Apabila Anda ingin membuka kembali lembar kerja Excel yang pernah disimpan di hardisk dengan menggunakan ikon, maka caranya adalah sebagai berikut.
1. Klik ikon pada menu office button.
2. Setelah muncul kotak dialog Open, pilih folder dan klik file yang dicari melalui kotak isian Look in.
3. Klik tombol Open pada kotak dialog Open atau klik dua kali file yang ingin dibuka.
Jika Anda akan membuka file Excel dari flashdisk caranya adalah sebagai berikut.
1. Klik ikon pada quick access toolbar.
2. Pilih Removable Disk (G:) pada kotak isian Look in.
3. Klik nama file Excel yang ingin dibuka.
4. Klik tombol Open pada kotak dialog Open atau klik dua kali file yang ingin dibuka.
5. Mengedit lembar kerja Excel
Mengedit lembar kerja Excel dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan mouse dan dengan menggunakan ikon. Dalam hal ini proses editing yang dilakukan adalah memindahkan data dalam sebuah sel pada lembar kerja Microsoft Excel. Berikut adalah cara mengedit lembar kerja Excel dengan menggunakan mouse.
1. Blok sel pada data yang ingin dipindahkan.
2. Pada posisi data yang diblok, klik kiri mouse dan tahan.
3. Seret kursor ke sel tujuan yang diinginkan, kemudian mouse dilepaskan.
Langkah untuk mengedit lembar kerja Excel dengan menggunakan ikon adalah sebagai berikut.
1. Blok data pada sel yang akan dipindahkan.
2. Klik ikon Cut pada tab menu Home submenu Clipboard.
3. Aktifkanlah sel tujuan untuk meletakkan data.
4. Klik ikon Paste pada tab menu Home submenu Clipboard.
Mengatur Kolom dan Baris Excel 2007- Anda dapat melakukan pengaturan kolom dan baris pada worksheet yang sedang dikerjakan. Pengaturan ini dapat dilakukan secara mudah.
a. Mengubah Ukuran Kolom Excel 2007
Anda dapat secara spesifik menentukan ukuran kolom. Caranya, blok sel atau range yang akan diatur ukurannya. Pada tab Home grup Cells, klik tombol Format kemudian klik Column Width. Masukkan nilai baru pada kotak Column width, klik OK. Maka, lebar kolom D akan berubah sesuai keinginan. Cara lain mengubah ukuran kolom adalah, gerakan pointer mouse ke arah column headers. Posisikan pointer mouse ke garis pemisah antara column header D dan E sampai pointer berubah. Lakukan dragging ke arah kanan untuk memperlebar dan ke arah kiri untuk mempersempit kolom.
Untuk mengubah beberapa kolom dengan ukuran lebar yang sama, Anda dapat melakukannya, dengan memblok atau memilih dengan bantuan tombol Ctrl, beberapa Column Header yang akan diubah. Selanjutnya, posisikan pointer mouse ke sebuah garis pemisah dari column header yang terblok. Lakukan dragging ke arah kanan untuk memperlebar, atau ke arah kiri untuk mempersempit.
B. Mengubah Ukuran Baris Excel 2007
Untuk mengubah ukuran ketinggian baris dapat dilakukan dengan cara mengklik sebuah sel pada baris tersebut. Contoh, jika Anda ingin mengubah ukuran baris ke 10, klik saja sel A10, atau B10, atau x10. Pada tab Home, periksa grup Cells, klik tombol Format, kemudian klik Row Height. Masukkan nilai baru pada kotak dialog Row height, klik OK. Maka, baris 10 sudah berubah ukuran tingginya. Cara lain mengubah ukuran tinggi baris adalah, gerakan pointer mouse ke arah row headers. Posisikan pointer mouse ke garis pemisah row header 10 dan 11. Lakukan dragging ke arah bawah untuk mempertinggi dan ke arah kiri untuk memperpendek baris.
d. Menambahkan dan Mengurangi Baris Excel 2007
Anda dapat menambahkan baris dalam Excel dengan 2 (dua) cara, yaitu sebagai berikut.
1. Klik sebuah sebuah sel, misalnya sel A1. Klik tab Home, periksa grup Cells, klik tombol dropdown di sisi tombol Insert, klik Insert Sheet Rows.
2. Klik row header, misalnya row header 5, klik kanan pada daerah kolom yang terblok dan pilih Insert .
Untuk mengurangi baris juga disediakan 2 (dua) cara, yaitu sebagai berikut.
1. Klik sebuah sebuah sel, misalnya sel A1. Klik tab Home, periksa grup Cells, klik tombol dropdown di sisi tombol Delete, klik Delete Sheet Rows
2. Klik row header, misalnya row header 7, klik kanan pada daerah kolom yang terblok dan pilih menu Delete.
Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat di simpulkan bahwa menu merupakan kumpulan perintah yang sudah dikelompokan menjadi satu berdasarkan fungsinya masing-masing.
Icon merupakan perintah berbentuk gambar yang dijalankan atau diaktifkan dengan cara klik dua kali menggunakan mouse pada gambar tersebut.
Fungsi dari pada menu dan ikon pada Microsoft Excel sangat beragam. Karena dengan hal tersebut kita akan di permudah dalam hal pengolahan angka, selain itu kemungkinan kesalahan juga akan sangat minim karena kecanggihan software pengolah angka ini.Secara garis besar pada Microsoft excel ada mmenu Home, Insert, formulas, data, view dan review.
Dalam kesempatan ini kami memberikan saran kepada pembaca apabilaterdapat kesalahan dalam pembuatan makalah ini baik penulisan atau susunan kata, kami harapkan agar pembaca dapat memakluminya karena kami masih dalam tahap pembelajaran. Kritik dan saran akan kami terima dengan lapang dada.
Ø Hak Kekayaan Intelektual [www.umboh.net] - Wajib Melampirkan Link Sumber
Under Creative Commons License: Attribution Share Alike
Under Creative Commons License: Attribution Share Alike
Ø Pandia, Henry. 2007. Teknologi Informasi dan komunikasi. Bandung : Erlangga
Ø Wahyu Wasistu, Agung. 1993. Paint Brush MS Write & MS Excel. Yogyakarta : Andi Offset Yogyakart
Demikianlah Artikel Microsoft Excel
Sekianlah artikel Microsoft Excel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Microsoft Excel dengan alamat link https://contoh-definisi-pengertian.blogspot.com/2016/01/microsoft-excel.html